Selasa, 29 Januari 2013

Saddha Bala : Kekuatan Keyakinan.

Kisah Sarana Gamana Thera ;
Pd zaman Buddha Anomadassi ; seorg lelaki miskin merawat kedua ortunya yg buta dgn penuh perhatian.Ia tdk dapat berdana kpd Buddha. Kepada Siswa Utama Buddha, ia berlindung kpd Tiratana, dan berkeyakinan kpd Tiratana sampai akhir hidupnya, maka Ia telah mengumpulkan karma baik yg tak terhingga jumlahnya. Karena perbuatan baik ini, Ia terlahir dan terlahir di alam Surga dan alam manusia dalam kalpa yg tak terhitung dan seratus ribu siklus bumi, tanpa pernah terlahir di alam rendah.
Pd kelahiran terakhirnya, Ia terlahir sbg putra org kaya di Savatthi. Di usia 7 thn, saat bermain dgn teman2nya bermain di vihara. Seorg Bhikkhu mempersilahkan mereka duduk dan memberi mereka mengambil perlindungan kpd Tiratana dan pd saat Ia mengucapkan ," Buddham Saranam Gacchami, Dhammam Saranam Gacchami, Sangham Saranam Gacchami ". Ia tercerahkan Sempurna, Arahat yg dapat menikmati kebahagiaan Nibbana selamanya. Ia menjadi seorg Bhikkhu yg dikenal dgn nama "Sarana Gamana Thera".
Kisah Matakundalini, anak seorg hartawan yg sangat kikir, yg pd detik2 terakhir hidupnya, berkesempatan "berkeyakinan" kpd Sang Buddha. Ia terlahir di alam Dewa Tavatimsa.

Ketika Yaksa Alavaka bertanya kepada Sang Buddha, apakah harta yg paling berharga yg dapat dimiliki seorang manusia, Sang Buddha menjawab, "Saddha : Keyakinan" , adalah harta yg paling berharga yg dapat dimiliki oleh seorang manusia.

Kayakinan : Saddha adalah pelopor dan pemimpin dr faktor2 batin yg baik. Karna Keyakinan kpd Tiratana, kita bertekad melaksanakan Pancasila & Atthasila. Karna Keyakinan kpd Tiratana, kita melaksanakan Dana, Sila, Samadhi, Panna. Karna Keyakinan pd Ajaran Buddha, km berbagi Dhamma, Keyakinan di fb dan di mana aja.

Senantiasa ulangi dalam batin kita ; Aku berlindung pd Buddha Dhamma Sangha selama2nya sampai tercapainya Nibbana, Smoga Keyakinan Saya kpd Tiratana tak tergoyahkan sampai tercapainya Nibbana.(kuatkan dalam batin, ulangi2). Terapkan Ajaran Buddha dalam kehidupan sehari2.

Ada tips bagi Sahabat2 yg menghadapi permasalahan apa saja ( di ajarkan oleh Bhante Pembina kami ) yaitu pembacaan Buddhanussati sebanyak umur + 1 , mis umur 32thn dibaca 33 x, selama 1 bulan. Sudah banyak yg melakukannya dan manjur, mudah2an juga bagus utk Sahabat2 karna merupakan perbuatan baik Perenungan terhadap Buddha. Saddha : Keyakinan dapat mematangkan karma2 baik.

Smoga bermanfaat..., Sadhu........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar